Rabu, 07 Oktober 2015

Tugas wartawarga: Pengalaman pribadi berorganisasi


Pada postingan kali ini, saya akan bercerita tentang pengalaman saya berorganisasi. Sebelumnya, saya akan menjelaskan secara singkat apa yang dimaksud organisasi. Organisasi adalah sebuah wadah yang di dalamnya terisi oleh sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama. Dalam berorganisasi, kita menjadi lebih mudah menjalalankan suatu tujuan karena memiliki lebih banyak ide dan tenaga.

Saat dulu masih SMA, saya pernah tergabung dalam sebuah organisasi di bidang Music Event Organizer, bernama Rada Miring Crew. Itu adalah sebuah organisasi pembuat acara musik underground yang saya dan teman-teman saya ciptakan.

Pada awalnya, saya dan teman-teman saya mempunyai hobby yang sama yaitu menonton acara musik underground. Ya, karena kami semua suka sekali dengan musik underground. Kami rela menghabiskan banyak uang untuk sekedar menikmati musik, dan menghabiskan tenaga untuk bermoshing ria. Seiring waktu berjalan, akhirnya kami punya pemikiran: "mengapa terus-terus menonton acara orang lain kalau kita bisa menciptakan acara kita sendiri". Dari banyaknya cekcok, tawa, dan komitmen, terciptalah Rada Miring Crew.

Tidak mudah untuk menjalan kan acara yang berdurasi 12 jam ini. Butuh waktu berbulan-bulan untuk menyiapkannya dengan matang. Seperti halnya mengumpulkan anggota. Ya, ini penting, karena kita membutuhkan banyak tenaga dalam membuat acara ini--contohnya: membuat proposal, membuat desain, menangani guest start, dll. Itu saja masih tahap sebelum hari H--apalagi saat di hari H, dimana tenaga ekstra seperti menjaga tiket, menghandle grup band, mengatur sound, dll sangat dibutuhkan dalam organiasasi ini.

Selain mengumpulkan anggota, yang terpenting dalam organisasi ini adalah sebuah komitmen. Ya, saat itu, dalam organisasi saya, banyak yang mengundurkan diri sebelum hari H tiba, dengan berbagai macam kendala ataupun alasan. Itu membuat organisasi ini sedikit bermasalah, karena harus ada yang di rombak lagi untuk mengisi kekosongan tugas. Namun, kami tak mau ambil pusing, kami terus menjalankan apa yang telah tertuju dan mengatur dengan berbagai cara. Komitmen sama pentingnya dengan sebuah planning. Menurut saya, jika dikatakan planning adalah sebuah akar, maka komitmen adalah air yang membuat akar tersebut hidup. Bukan hanya komitmen tertulis, tapi harus punya komitmen di dalam jiwa masing-masing.

Rapat demi rapat telah dijalani, masalah per masalah telah diatasi, beberapa ratus tiket telah terjual, tibalah saat di hari H. Ini adalah hari yang sangat saya tunggu-tunggu, karena menurut saya ini adalah titik klimaks dalam acara. Ini adalah hari dimana perjuangan akan dimulai lagi. Di dalam sebuah ruangan yang telah kami desain sekreatifnya pada H-1, kami berkumpul. Disini. Saling bergandengan, lalu menyatukan tangan kami sambil berteriak, "RADA MIRING CREW!!!" Itu adalah sebuah teriakan penuh semangat.

Tak sedikit yang datang di acara ini. Itu membuat kami kewalahan. Tapi ini sama-sekali tak membuat semangat kami runtuh, justru ini yang membuat kami semakin bersemangat.

Menurut saya, hanya itu yang bisa saya ceritakan. Seidikit, memang. Tak perlu saya mendeskripsikan bagaimana jalannya acara tersebut, karena pasti kita semua tau bagaimana acara musik itu berjalan. Ngomong-ngomong, organisasi ini sudah 3 kali mengadakan acara. Dan alhamdulillah ini berjalan lancar, walaupun banyaknya berbagai macam kendala.

Ini ada sedikit kumpulan foto yang bisa dilihat saat acara berlangsung (diambil dari acara pertama sampai ketiga):












Sekian, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar